Home   News   Field Trip to Kota Tua

Field Trip to Kota Tua

Pada hari Rabu 1 April 2015, kelas 5 SDK PENABUR 9 pergi field trip ke Kota Tua. Kami berangkat dari sekolah pkl 07.00 dan kembali ke sekolah pkl 14.00. Tidak hanya kami, disana kami juga bertemu murid-murid dari sekolah lain. Di sana kami mengunjungi 3 museum. Saat di museum kami didampingi oleh guru kami yaitu ma’am Eka wali kelas kami, ma’am Shanti guru perpustakaan kami, dan pemandu dari museum. Museum yang kami kunjungi yaitu museum fatahilla/museum sejarah Jakarta, museum wayang, & museum keramik.

Pertama-tama kami pergi ke museum fatahilla. Disana kami belajar tentang sejarah dan peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di museum tersebut, dll. Sejarah museum fatahilla adalah museum fatahilla didirikan pertama kali pada tgl 25 Januari 1707. Museum ini dibangun di bawah pemerintahan Gubernur Jendral Joan Van Hoorn dan diresmikan di bawah pemerintahan Gubernur Jendral Abraham Van Riebeeck pada tgl 10 Juli 1710.

Kemudian kami pergi ke museum wayang. Disana kami belajar tentang berbagai wayang. Sejarah museum wayang adalah dulunya gedung museum tersebut merupakan gereja lama yang dibangun pada tahun 1640. Gedung ini diresmikan menjadi museum wayang pada tgl 13 Agustus 1975 oleh Bpk. Probo Sudtejo. Jumlah koleksi yang berada di museum wayang mencapai 6200 buah. Beberapa wayang yang terdapat disana antara lain,wayang kulit yang terbuat dari kulit kerbau dan wayang golek yang dibuat dengan cara diukir. Disana kami juga membuat 1 buah wayang yang terbuat dari janur dengan dibantu oleh kakak pemandu untuk membuat wayang.2

Setelah itu, sebelum pergi ke museum yang terakhir yaitu museum keramik, kami makan siang terlebih dahulu. Kami makan siang di depan museum keramik tersebut.

Setelah makan kami pun berlanjut ke museum keramik. Disana kami dapat melihat beberapa keramik dan juga beberapa seni rupa seperti lukisan. Sejarah museum karamik adalah dulunya gedung itu adalah tempat pengadilan Belanda. Dibangun pada tahun 1870. Digunakan oleh Belanda selama 70 tahun, lalu gedung tersebut ditutup.

Setelah selesai dari museum, kami foto bersama di depan museum. Sehabis itu kami kembali ke bus dan kambali ke sekolah. Kami sangat senang dapat pergi ke beberapa museum tersebut karena disana kami mendapat banyak ilmu tentang sejarah museum dan juga peninggalan-peninggalan sejarah yang ada disana.

Skolastika Dania Larasati

Kelas 5 , nomor urut : 28

 
    Calendar icon April 7, 2015 Category icon News

Share