Home   News   Pentingnya Pendidikan Seksualitas Sejak Dini

Pentingnya Pendidikan Seksualitas Sejak Dini

Maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi belakangan ini merupa-kan salah satu alasan pentingnya memberikan pengetahuan tentang pendidik-an seksualitas pada anak sedini mungkin, karena anak-anak harus dibekali pengetahuan yang cukup untuk melawan arus globalisasi yang semakin trans-paran dalam berbagai hal, salah satu pengetahuan yang penting adalah  mengenai pendidikan seksualitas. Mengapa penting? Karena saat ini semakin banyak informasi yang bisa diakses lewat jaringan internet, dan ini sangat memungkinkan bagi sebagian besar anak dan remaja untuk memanfaatkannya untuk mencari jawaban dari keingintahuan mereka tentang seks. Namun sayangnya tidak semua informasi yang tersebar di internet merupakan informasi yang tepat untuk dikonsumsi anak dan remaja, akibatnya tidak sedikit anak dan remaja yang terjerumus dan kecanduan pada hal-hal seputar pornografi.

Sekolah Penabur adalah salah satu sekolah yang sangat peduli pada hal tersebut, oleh sebab itu sejak siswa duduk di TK sampai SMA akan dibekali dengan pengetahuan tentang pendidikan seksualitas, tentunya pengetahuan yang diberikan disesuaikan dengan usia dan kebutuhan mereka.

Salah satu materi yang diberikan adalah “Aku Bertumbuh dan Berkembang” yang diberikan kepada siswa kelas 5 SD. Materi ini diberikan dengan tujuan agar siswa dapat mengetahui perubahan yang mereka alami, baik secara fisik maupun psikologis. Selain itu siswa dapat mengetahui bagian-bagian dan fungsi alat reproduksi yang ada didalam tubuhnya dan bagaimana cara merawatnya. Untuk menjaga kenyamanan dan privasi mereka, kelas dibagi menjadi dua, anak perempuan bersama dengan guru BK perempuan dan, anak laki-laki bersama dengan guru BK laki-laki.

Siswa pun mendengarkan dengan seksama, sesi pertanyaan pun dibuka guna menjawab hal-hal yang masih ingin mereka ketahui. Semoga setelah mendapatkan pendidikan seksualitas ini mereka bertambah wawasannya serta dapat menjaga tubuhnya yang adalah pemberian Tuhan dengan baik.

 

-Anita Anggraini-

 
    Calendar icon April 28, 2017 Category icon News

Share