Home   News   Kunjunganku ke Gereja Kristen Protestan Bali

Kunjunganku ke Gereja Kristen Protestan Bali

Saat ini saya ingin menceritakan keindahan alam saat saya melakukan kunjungan ke salah satu gereja di Bali. Seperti yang kalian tahu, budaya di Bali sangat kental sekali, nuansa keagamaan begitu terasa di setiap kawasan di Bali. Tidak hanya di kawasan pantai, keindahan alam di Bali juga bisa dinikmati di rumah ibadah, salah satunya di Gereja Kristen Protestan Bali (GPKB) Bali. Gereja ini berada di komplek Puja Mandala yang terletak di jalan Kurusetra no 88, Bualu Benoa Nusa Dua, Bali. Dalam komplek ini terdapat 5 rumah ibadah. Puja Mandala merupakan sebuah tempat yang di dalamnya terdapat lima tempat ibadah yaitu: Masjid Agung Ibnu Batutah Gereja Maria Bunda Segala Bangsa, Vihara Budha Guna, Gereja Kristen Protestan di Bali (GKPB) Jemaat Bukit Doa dan Pura Jagat Natha.

          

Memasuki halaman Gereja, di sisi kiri terdapat papan pengumuman jadwal kebaktian GKPB Jemaat Bukit Doa Nusa Dua. Di sisi kanan terdapat sebuah menara bergaya Bali mirip Bale Kulkul. Lalu pengunjung harus menaiki sekitar delapan anak tangga untuk masuk ke dalam Gereja. Pintu utama terbuat dari kayu yang diukir. Ukirannya menggambarkan Yesus yang tengah membasuh kaki kedua belas para rasul. Tentu saja kisah ini diukir dengan gaya Bali dimana di belakangnya tampak ukiran rumah bergaya Bali dengan atap berundak tiga, bale wantilan, Didepan pintu utama, terdapat dua pilar yang menyangga atap. Selain pintu utama, terdapat dua pintu kayu di sisi kanan dan kiri bangunan Gereja.

Wah sungguh indahnya dapat melestarikan keindahan dan budaya Indonesia dalam rupa rumah ibadah. Semoga generasi penerus seperti kita dapat terus melestarikan dan menjaga kekayaan alam Indonesia yaaa…..

 

Dasha Athalia Wiratama

Kelas 5 SDK 9 PENABUR

 

Share