Home   News   Seminar penanganan Limbah dan sanitasi perkotaan dengan PD PAL JAYA

Seminar penanganan Limbah dan sanitasi perkotaan dengan PD PAL JAYA

Apakah kalian pernah mendengar kata Limbah? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Limbah adalah “bahan yang tidak ternilai atau tidak berharga”. Banyak jenis limbah yang kita belum ketahui, seperti: tinja, urin yang kita buang, buangan hasil pabrik, air cucian, dan air habis kalian mandi. Setelah tinja, dan urin terbuang, keduanya akan disalurkan ke septik tank. setelah 3 tahun, septik tank  perlu di sedot, supaya tidak penuh.

Proses pengolahan tinja adalah tinja (kotoran/buangan manusia) ditampung sementara oleh tangki septik. Kemudian truk sedot tinja datang untuk mengangkut buangan tinja dari tangki septik ke tempat pengolahan (Instalasi Pengolahan Limbah Tinja). Alat pengolah limbah yang biasa digunakan untuk melakukan hal tersebut saat ini diuji coba untuk dikembangkan menjadi alat pengolah limbah domestik. PD PAL Jaya melakukan uji coba dengan menaruh alat tersebut di pusat Instalasi Pengolahan Limbah Tinja. Alasannya, alat tersebut perlu dites dengan limbah yang ekstrim sebelum digunakan pada limbah kimia. Instalasi Pengolahan Limbah Tinja memproses limbah tinja yang berbahaya menjadi ramah lingkungan. Tetapi setelah proses pengolahan limbah tinja tidak dapat dijadikan sebagai air minum karena baku mutunya belum sesuai dengan air minum.

Apa yang terjadi jika septi tank tidak kita sedot ?

Jika kalian lupa menyedot septik tank, berbagai macam bakteri akan tersebar, dan lingkungan kita menjadi tidak sehat. Bakteri yang biasanya ditimbulkan adalah,  klebsiellapneumonia, klebsiella rhinoscleromatis, dan Escherichia coli. Penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri ini antara lain adalah penyakit infeksi seperti saluran kencing, septicemias dan infeksi jaringan bronkopneumoniae dan pneumonia bakteri gram negatif. Klebsiellapneumonia terdapat dalam saluran nafas dan feses sekitar 5 % orang normal dan dapat menyebabkan pneumonia bacteria. Kita juga tidak boleh membiarkan septik tank bocor. Jika kita membiarkannya, tanah akan tercemar. Nah, kalian sudah tau kan, apa akibatnya kalau limbah tersebar, yuk beri tahu ke orang tuamu bahwa septik tank harus rutin disedot.

 

By : Jiresha Shalom Valerie dan Pascal Qionnell Tan Arruanpitu ( VA – SDK 9 )

 
    Calendar icon September 26, 2018 Category icon News

Share