Home   News   Ini adalah hasil karyaku loh…

Ini adalah hasil karyaku loh…

Hatiku senang ketika gambarku terpilih oleh bapak ibu guru untuk mewakili SDK 9 Penabur ke majalah BEST. Semoga saja kakak-kakak disana juga memilih gambarku,ya.

Gambar dari : Gael kelas III- SDK 9 Penabur Jakarta.

Tema kali ini memang mengenai Manado, yang saya berikan adalah Toraja. Menurut saya ini adalah kebudayaan yang ada di 1 pulau, yaitu SULAWESI.

Tongkonan kaya dengan unsur kepercayaan, tradisi kuno, peradaban serta kebanggaan masyarakat Toraja. Maka tak heran, rumah ini tak bisa dibangun sembarangan.

Dilansir dari situs Info Toraja, masyarakat Toraja sendiri mengenal dua tipe rumah. Yakni Banua Tongkonan atau rumah adat dan Banua Barung-Barung yaitu rumah pribadi dan rumah biasa.

 

Tongkonan sendiri berasal dari kata Tongkon yang berarti ‘menduduki’ atau ‘tempat duduk’. Disebut seperti itu karena pada awalnya rumah adat ini dijadikan sebagai tempat berkumpul para bangsawan Tana Toraja untuk berdiskusi.

Rumah Tongkonan terbuat dari kayu uru. Atap rumah Tongkonan yang terbuat dari bambu juga terlihat unik karena bentuknya yang menyerupai perahu. Hal ini menjadi pengingat bahwa leluhur masyarakat Toraja menggunakan perahu untuk sampai di Sulawesi.

 

Di setiap rumah, kamu akan menemukan kepala kerbau serta tanduk-tanduknya pada tiang utama di setiap rumah. Semakin banyak tanduk kerbau, semakin tinggi derajat keluarga tersebut. Di beberapa rumah juga ada beberapa patung kepala ayam atau naga yang menandakan jika pemilik rumah adalah orang yang dituakan.

 

sumber :  https://kumparan.com/@kumparantravel/mengenal-tongkonan-rumah-adat-toraja-yang-sarat-makna ( 16 Okt 18- pk 9.47)

 

 
    Calendar icon October 16, 2018 Category icon News

Share